Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Nilai Raport Sumber Informasi

Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Nilai Raport Sumber Informasi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pada umumnya data yang ditulis di Buku Raport atau Laporan Hasil Belajar Siswa antara lain, nama mata pelajaran kemudian disertai dengan sebuah nilai untuk masing-masing mata pelajaran tersebut. Dan biasanya untuk nilai yang terdapat dalam buku raport dibagi menjadi dua bagian, satunya berupa angka dan yang berikutnya berupa huruf (penjabaran dari nilai angka). 
Kaidah penulisannya tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah, ada yang menggunakan nilai satuan dengan dua angka di belakang koma; contoh 7,65, dan ada yang menggunakan nilai puluhan dengan satu angka di belakang koma; contoh 76,5. 

Kemudian biasanya untuk penulisan nilai dengan format huruf seperti berikut, nilai dengan angka 7,56 ditulis dalam format huruf menjadi Tujuh Koma Lima Enam bukan Tujuh Koma Lima Puluh Enam. 

Formula berikut ini berfungsi untuk mengkonversi nilai Angka menjadi format huruf, dengan menggunakan satuan puluhan dengan dua angka di belakang koma sehingga hasilnya akan seperti berikut :
8,60 menjadi Delapan Koma Enam Nol

Membuat Tabel Konversi
Buat sebuah tabel seperti gambar berikut 
Tabel Penulisan Raport 
Tabel ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penulisan format huruf menggunakan bantuan sebuah formula sederhana

Menuliskan Nilai Dengan Format Angka
Sebagai contoh, ketikkan sembarang nilai di sel D1 dengan format angka satuan dengan dua angka di belakang koma - misal 5,28
Catatan :
jika komputer anda menggunakan setting Bahasa Indonesia maka gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah angka desimal, sedangkan jika komputer anda menggunakan setting bahasa Inggris maka gunakan tanda titik (.)
Kesalah penulisan tanda baca akan menghasilkan pesan error #VALUE! untuk hasil akhirnya.
Formula untuk merubah Angka menjadi huruf
ketikkan formula berikut di Sel E1
=VLOOKUP(LEFT(D1;1)*1;A1:B10;2)&" koma "&VLOOKUP(MID(D1;3;1)*1;A1:B10;2)&" "&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(D1);1)*1;A1:B10;2)

Jika anda menggunakan format puluhan dengan satu angka dibelakang koma, gunakan formula berikut :

=VLOOKUP(LEFT(D1,1)*1,A1:B10,2)&" "&VLOOKUP(MID(D1,2,1)*1,A1:B10,2)&" koma "&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(D1,1),1)*1,A1:B10,2)
Untuk menghilangkan pesan error #VALUE! dikarenakan tidak adanya data yang dibaca di sel D1, maka gunakan bantuan formula IFERROR.
Untuk lebih jelasnya mengatasi error formula klik link ini

Download file di sini
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين



Get free daily email updates!

Follow us!


* BACA JUGA YANG INI YA MASBROW *

Artikel ini ditulis oleh : Khiansantang Toejoehpoeloehdoea ^_^ TipsTrikBlogger

KHIANSANTANG Terimakasih sahabat telah membaca : Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Nilai Raport Sumber Informasi Tulisan Saya. Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :: Get this widget ! ::
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Dipublikasikan Khiansantang Toejoehpoeloehdoea, | Rabu, 13 November 2013 | 7 komentar

7 komentar:

  1. Gan numpang nanya kalo kita nulis angka 2 di sel D1 lalu hasilnya di sel itu juga (D1) sebagai berikut : “ 2 (dua) liter “ tanpa tanda petik Bagaimana ya gan? Terima kasih infonya

    BalasHapus
  2. saya mengikuti rumus ini, tapi angka yg saya konversi itu adalah hasil rumus average, dan ketika d konversi hasilnya jadi salah misal angka 74 hurufnya jadi tujuh puluh lima, tapi semua yg saya itu di vlookup rightnya, minta solasinya dong

    BalasHapus
  3. saya mengikuti rumus ini, tapi angka yg saya konversi itu adalah hasil rumus average, dan ketika d konversi hasilnya jadi salah misal angka 74 hurufnya jadi tujuh puluh lima, tapi semua yg saya itu di vlookup rightnya, minta solasinya dong

    BalasHapus
  4. mo tanya gan, gmn cara sebaliknya menggunakan angka arab, inggris ke huruf arab, inggris

    BalasHapus

Luangkanlah Sedikit Waktu Sobat Untuk Memperindah Blog Ini Dengan Berkomentar,, (^_^)

PERINGATAN,,!!!
Bagi Sobat Yang ingin berkomentar, mohon sesuaikan dengan tema pada postingan, dan saya mohon untuk tidak mencantumkan link (URL) pada komentar karena akan saya anggap spam dan mohon maaf apabila saya hapus komentar Sobat,,!!!